Categories
Pendidikan

Ilmu Pengetahuan Normal

Ilmu Pengetahuan Normal

Ilmu Pengetahuan Normal

Ilmu Pengetahuan Normal Menurun Khun

Kuhn mengungkapkan Ilmu Pengetahuan Normal sebagai kegiatan penelitian berdasarkan pada satu atau lebih prestasi ilmiah di masa lalu, yaitu prestasi yang pernah ditetapkan sebagai dasar untuk lebih banyak praktik oleh komunitas ilmiah. Ilmu pengetahuan normal memiliki dua esensi:

Keberhasilan ilmiah cukup baru, sehingga menarik praktisi sains dari berbagai arus, melakukan kegiatan ilmiah, yaitu, mereka menghadapi berbagai cara alternatif untuk melakukan kegiatan ilmiah. Sebagian besar praktisi sains cenderung memilih dan menyerahkan pencapaian ini ketika melakukan kegiatan sains mereka.
Keberhasilan ini cukup jelas, sehingga para profesional sains memiliki beberapa masalah yang harus diselesaikan dengan merujuk pada pencapaian ini. Kuhn berpendapat bahwa kemajuan ilmu pengetahuan bukanlah evolusi atau kumulatif, tetapi revolusioner pertama.

 

Paradigma Ilmu Pengetahuan Normal

Ilmu pengetahuan normal bekerja sesuai dengan paradigma yang diadopsi atau layak, jadi pada dasarnya, penelitian normal tidak dimaksudkan untuk perbaikan besar, tetapi hanya untuk mengekspresikan paradigma ini. Kegiatan Ilmiah Ilmu Pengetahuan Normal bertujuan untuk menyediakan ruang lingkup dan kepastian hanya untuk bidang di mana ia dapat diterapkan. Oleh karena itu, sebagai “upaya untuk memaksa alam ke dalam kotak yang relatif tidak elastis yang diwujudkan oleh paradigma.” Ilmu pengetahuan normal adalah jenis kegiatan ilmiah yang sangat membatasi dan kelebihannya adalah kegiatan ilmiah tersebut

akan memberikan hasil yang semakin dalam. Ilmuwan dalam ilmu normal sering bekerja dalam kerangka serangkaian aturan yang dirumuskan dengan jelas berdasarkan paradigma di bidang tertentu, sehingga solusinya pada dasarnya dapat diprediksi. Oleh karena itu, kegiatan ilmiah dalam kerangka ilmu non-formal mirip dengan kegiatan “pemecahan teka-teki”. Ini berarti bahwa ketidakmampuan untuk menemukan solusi untuk masalah tertentu mencerminkan tingkat keterampilan ilmuwan lebih dari sifat atau metode yang digunakan.


Contoh dari Ilmu Pengetahuan Normal

“Teori Abiogenesis”

Kemajuan ilmiah yang terus-menerus menggantikan upaya para ilmuwan untuk memperoleh Ilmu Pengetahuan Normal dari teori Abiogenesis yang telah berusia berabad-abad.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :